Seiring Dengan Kemajuan IT di
Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan Website Meningkat tajam. Dari tahun
ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun
Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal
itu terjadi karena website merupakan salah satu Kekuatan Brand Bagi
dunia usaha. Website Dapat Meningkatkan Nilai Penjualan dan Promosi
tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren
perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan
dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren naik sangat
tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi
sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan
terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses
internet di Indonesia.
Internet marketing sebenarnya sudah populer
di berbagai negara maju sejak tahun 1999, dimulai dengan lahirnya mesin
pencari dan email web based www.yahoo.com kemudian disusul oleh
kelahiran mesin pencari lain yang sekarang sangat familiar yaitu
www.google.com sekitar tahun 1998-1999 yang didirikan oleh dua anak muda
Lawrence dan Sergrey Brin. Pendiri Google dalam waktu singkat berhasil
masuk dalam 30 besar orang terkaya di dunia. Kemudian di tahun tahun
selanjutnya berdiri juga website berbasis social bookmarking anatara
lain : www.friendster.com yang didirikan oleh Jonathan abram,
www.facebook.com Oleh Mark Zukenberg.
Internet pada masa sekarang ini sudah merupakan kebutuhan pokok, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi, berbelanja online, online banking, online marketing, online affiliate, sosialisasi online, kuliah online, online advertising dll. Sebagai contoh situs online banking yang sedang naik daun adalah www.paypal.com sedang situs online shopping dan online marketplaces adalah www.ebay.com dan www.amazon.com yang menjual barang dari mulai barang pecah belah sampai mobil mewah. Tentu saja kemajuan yang begitu pesat yang semakin mewujudkan dunia tanpa batas ini sudah tercium oleh masyarakat Indonesia, banyak perusahaan berskala besar, menengah dan kecil yang ikut membangun kekuatan brand di dunia online. Promosi produk secara online memang menjadi pilihan tepat saat ini disamping biaya yang relatif murah juga karena pentingnya sosilaisasi produk untuk skala global.
Bisa dikatakan dalam dekade terakhir
perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat, perkembangannya
meliputi berbagai macam bidang usaha, tidak hanya yang disebutkan diatas
tetapi juga bidang usaha lainnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali
situs yang sudah mulai go Internasional dan mempunyai jutaan member dan
ribuan visitor setiap harinya. berbagai situs tersebut ada yang murni
Online business ada yang semi online atau bisnis offline hanya saja
menggunakan pemasaran online. Dengan kata lain Bisnis online di
Indonesia sudah dikenal dan diperhitungkan di dunia Internasional.
selain itu juga jumlah pemakai internet Indonesia yang besar menjadikan
Indonesia Sebagai Pasar yang potensial untuk Bisnis online dari berbagai
negara di seluruh dunia. bukti dominasi Indonesia juga ditunjukkan
dengan banyaknya pengguna Indonesia dalam berbagai situs jejaring sosial
seperti www.facebook.com , www.friensdster.com dan www.twitter.com. Hal
inilah yang menjadikan nilai tambah Negara Indonesia dipandang dari
segi Bisnis Online terutama perkembangan pesat yang terjadi 10 tahun
terakhir 2000 s/d 2010.
Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 ini
telah di launching situs komunitas bisnis online yang bagus yang
beralamat di www.frigz.com . walaupun komunitas ini terbilang masih baru
tetapi saya melihat keseriusan pengelola frigz untuk memajukan bisnis
online di Indonesia dengan cara menjadi wadah bagi para Online Marketer
atau para pebisnis Online. Frigz sebagai Komunitas Bisnis Indonesia
Online diharapkan akan menjadi Komunitas bisnis online terbesar di
Indonesia yang akan mewadahi komunitas bisnis online yang selama ini
belum terwadahi. semoga juga Frigz dapat mewujudkan mottonya menjadi
Komunitas Bisnis Indonesia Online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar